Monday, December 11, 2017

Jenis-Jenis Kaligrafi Islam

Secara umum, kaligrafi diklasifikasikan ke dalam 2 bentuk.

-Kaligrafi Kontemporer, yaitu tidak terikat  dengan pola dan aturan yang disepakati dan sangat dipengaruhi oleh kecenderungan pelukisnya. Kaligrfi jenis ini diklasifikasikan ke dalam beberapa model yakni ekspresionis, simbolis dan abstrak.

-Kaligrafi Murni (jenis inilah yang dimaksud dengan khat). Khat murni sangat berpatron (patuh/berpatokan) pada aturan baku yang disepakati sesuai kaidah masing-masing khat.


Di antara banyak jenis khat yang tersebar di pelosok dunia Islam ada beberapa yang paling banyak digunakan yakni khat Naskhi, Tsuluts, Farisi, Diwani, Riq'ah. Kufi dan Diwani Jali.

 Motivasi Belajar Kaligrafi

Dengan belajar kaligrafi ada beberapa keuntungan yang bisa memotivasi kita untuk belajar menulis kaligrafi. 
-Keuntungan pertama yang diperoleh dalam berkaligrafi adalah Ridha Ilahi. Allah SWT akan memberikan pahala bagi setiap hambanya yang menulis dan membaca al-Qur'an. Dari ayat al-Quran banyak sekali yang mengisyaratkan pentingnya tulisan. Iqra' (bacalah) adalah wahyu pertama yang diturunkan oleh Allah SWT untuk mengawali risalah-Nya. Dalam serangkaian wahyu yang pertama Allah SWT juga menyatakan "Yang mengajari manusia dengan pena", dan dalam QS al-Qalam ayat 1 "Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis". Ayat-ayat tersebut mengindikasikan penghargaan yang sangat tinggi terhadap kegiatan tulis menulis.
-Ada juga sumbangan pikiran dari beberapa tokoh tentang keuntungan belajar kaligrafi.
  • Umar bin Khattab "Muliakanlah anak-anakmu dengan mengajarkannya tulisan, karena tulisan itu merupakan persoalan amat penting dan kebahagiaan yang agung"
  • Ali bin Abi Thalib " Pelajarilah, sesungguhnya khat itu termasuk kunci rezeki"
  • Sastrawan, walaupun namanya tidak diketahui namun karyanya melekat kuat di dalam hati kalangan khattat " Kaligrafi adalah harta simpanan si fakir # dan Hiasan bagi sang penguasa"
          "Betapa kerap kaligrafi benar-benar menambah kejelasan # Dengan kekuatan mengelokkan tinta"

Sumber : Seni Kaligrafi Islam 
Bg Ade Setiawan & Kak Etika Vestia
dengann sedikit refisi.


EmoticonEmoticon