Wednesday, January 11, 2017

Keutamaan Shalat Subuh

Sholat subuh, bagi sebahagian pembaca pasti sering ketiduran. Walaupun alarm sudah dipasang dengan waktunya, dikarenakan memang untuk bangun subuh memang berat disebabkan rasa ngantuk dan hawa dingin. Akan tetapi dengan cobaan sulit bangun diwaktu subuh ternyata Allah sudah menjelaskan  pentingnya dan keutamaan Shalat subuh., tentunya dengan balasan yang disediakan Allah didunia maupun diakhirat.


Seperti apa keutamaan Shalat Subuh?

1. Disaksikan oleh Malaikat.



Allah berfirman:
"Dirikanlah shalat sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan dirikanlah pula shalat subuh seungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).' (QS; 18; 78)

2. Di kala fajar, malaikat yang bertugas di malam hari dan malaikat yang bertugas di siang hari menurut Rasulullah SAW, mereka. berkumpul menyaksikan jama'ah shalat subuh. 

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, dari Abu Hurairah r.a dari Nabi SAW bersabda, "Seungguhnya berjama'ah lebih utama dua puluh lima derjata dibandingkan dengan shalat sendirian, malaikat malam dan malaikat siang, mereka berkumpul di dalam jama'ah shalat shubuh" (HR. Bukhari)

2. Menyelamatkan kaum dari Adzab

Mendirikan shalat shubuh secara bejamaah'ah merupakan pahala yang besar, bahkan mampu menyelamatkan suatu kaum dari adzab Allah SWT hingga penghujung malam. Sebagaimana hadis riwayat A-Ashbihani, dari Abu Ummamah Al-Bahili dari Nabi SAW beliau bersabda" Tidak ada suatu kamu yang mengumandangka adzan untuk shalat shubuh kecuali mereka akan selamat dari adzab hingga malam hari. Dan tidak ada suatu kaum yang mengumandangkan adzan untuk shalat maghrib, kecuali mereka akan selamat dari adzab hinggga shubuh" (HR. Al-Ash-bihani)

3. Mendapat Pahala setara dengan ibadah Haji dan Umrah

Dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah SAW bersabda" Siapa yang shalat subuh berjama'ah kemudian (setelahnya) duduk berdzikir hingga matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat (shalat dhuha) maka dia akan mendapatkan pahala setara Haji dan Umrah, sempurna, sempurna, sempurna" (H.R. at Turmudzi)


4. Terbebas dari Api Neraka

Dari Ammarah bin Ruwaibah berkata, Rasulullah SAW bersabda, " Tidak Akah masuk neraka orang yang menunaikan shalat sebelum matahari terbit dan sebelum matahari tenggelam (shalat subuh dan ashar)" (H.R. Ibnu Khuzaimah)
Maknanya seseorang yang menunaikan shalat subuh secara berjamaah dan itu dilakukan secara rutin, ia akan dijaga dan dibebaskan dari siksa api neraka. Seseorang mampu menunaikan shalat jama'ah subuh secara rutin, dapat dipastikan dia menunaikan shalat-shalat fardhu lainnya dengan jama'ah pula.


5. Mendapat perlindungan dari Allah SWT

Dari Jundab bin Abdullah berkata, Rasulullah SAW bersabda" Siapa yang menunaikan shalat subuh maka ia berada dalam lindungan (jaminan) Allah SWT, dan jangan sampai Allah meminta kembali jaminan-Nya dengan sebab apapun. Atau kalau tidak orang itu akan dilemparkan ke dalam neraka jahannam" H.R: Muslim
Hadits diatas menjelaskan bahwa seseorang yang menunaikan shalat subuh ia berada dalam jaminan Allah. Tetapi penegasan tersebut disertai peringatan bahwa jika kita berpaling pada keburukan, maka Allah akan menenggelamkan dia ke dalam api neraka.


6.Mendapat Cahaya terang di hari kiamat

Dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Sampaikanlah kabar gembira pada orang-orang yang berjalan ke masjid di waktu gelap, mereka mendapat cahaya terang pada hari kiamat. "H.R Ibnu Majah


EmoticonEmoticon