Wednesday, April 5, 2017

Sanat Khat Farisi

Sanat Khat Farisi- Farisi merupakan salah satu jenis huruf kaligrafi yang sering digunakan untuk lomba. Biasanya huruf ini menjadi pilihan dalam lomba final hiasan mushaf.
kaidah khat Farisi
Sesuai namanya, Farisi memiliki asal usul dari negeri Persia. Gaya menulis masyarakat Persia setelah masuk Islam dipengaruhi juga oleh bentuk khat lainseperti tulust, maka lahirlah gaya tulisan yang disebut Ta'liq yang populer penggunaannya pada abad 11 - 13 H. Taliq memiliki arti menggantung, karena tulisan ini (khat farisi) biasanya ditulis dengan model menggantung.

Berikut huruf-huruf farisi yang bisa dijadikan pedoman untuk belajar.
kaidah khat Farisi
Lihat juga : Kaidah Khat Riq'ah
kaidah khat Farisi
Berikut ciri-ciri khat Farisi :
  • Salah satu ciri khas dari farisi ini, tulisannya agak miring ke kanan, kemiringan tulisan Farisi adalah kebalikan dari kemiringan tulisan diwani. Alur goresan Qolam dari atas ke bawah
  • Huruf Farisi memiliki ukuran tebal tipis yang sangat kontras. Goresan awal huruf biasanya kecil, kemudian berubah menjadi sangat besar. Membutuhkan keahlian dan kelihaian dalam menggunakan mata Qalam. Dalam keadaan yang sangat sulit, mungkin anda memerlukan dua mata Qolam : kecil dan besar.

  •  Khat Farisi tidak usah diberi harokat dan hiasan. Keindahan tulisan ini terletak pada "kesepiannya". Anda dapat memberi hiasan awan disekelilingnya kemudian diberikan hiasan dibagian luar awan itu.
kaidah khat Farisi




EmoticonEmoticon