Monday, December 11, 2017

Pengertian kaligrafi

Pengertian kaligrafi-Kata kaligrafi berasal dari bahasa Greek (Yunani) kaligraphia,  yang merupakan gabungan dari 2 kata, yaitu kalios yang bermakna indah dan grafein yang berarti tulisan. Sedangkan dalam bahasa Arab kaligrafi dikenal dengan sebutan khat yang mempunyai makna asal; menulis, menggores, menggambar dan menggaris.

Jadi secara sederhana, kaligrafi atau khat bisa diartikan dengan goresan tangan yang telah mendapat sentuhan estetis. Ditambahkan juga istilah tersebut juga dikenal dengan istilah tahsin alkhat, alkhat al-jamil, dan al-kitabah al-jamilah, yang semunyanya bermakna tulisan indah.

Ada beberapa pakar kaligrafi memberikan definisi kaligrafi, seperti;


Yaqut al-Musta'shimi : "Kaligrafi adalah geometri spritiual dan diekspresikan dengan perangkat fisik".

Ali bin Abi Thalib       : "Khat adalah lisan tangan dan duta pikiran"

Muhammad Thahir al-Kurdi : "Khat adalah sebuah insting yang menyebabkan sebuah gerakan menjadi tepat".

Karakter dan Sifat Kaligrafi Islam

Benar atau salahnya dalam tulisan kaligrafi ditinjau dari kaidah baku yang secara universal diakui oleh para khattat di dunia. Para khattat harus berusaha semaksimal mungkin untuk menuju level ideal rumus-rumus kaligrafi standar.

Beberapa pakar kaligrafi memberikan petunjuk bagi mereka yang mempelajari kaligrafi:
  • Menjaga konstinten hurus atas bentuk-bentuknya yang telah tertentu (berpatokan pada kaidah baku setiap jenis khat).
  • Membedakan huruf-huruf yang mirip dengan titik dan bentuk-bentuknya yang berbeda. Selain itu juga memperhatikan arah penggoresan huruf dan mampu menampilkan tarkib yang sempurna.
Abu Bakar Muhammad bin Yahya al-Shouly (seorang sufi sekaligus pakar kaligrafi) menyatakan sifat khat yang berhak disebut tulisan indah adalah "Ketika proporsional bagian-bagiannya, proporsional panjang Alif dan Lamnya, konstan garis-garisnya, serasi horizzontal dan vertikalnya, huruf 'ain terbuka, tidak serupa dengan Ra' dan Nunnya, putih bersih kertasnya, hitam peka tintanya, huruf-huruf yang sejenis tidak banyak berbeda, visual yang ditangkap mata cepat berubah di hati, serasi huruf yang kecil dan besarnya, melengkung huruf kursinya, kecil gerigi-geriginya dan terbuka penghubungnya"

Dari buku Seni Kaligrafi Islam "Diktat Bahan Pengajaran"
Bg Ade Setiawan & Kak Etika Vestia


EmoticonEmoticon