Sunday, August 19, 2018

Dongeng Anak Islami Sang Penggembala Dan Serigala

Dongeng Anak Islami Sang Penggembala Dan Serigala-Hai adik-adik sekalian?. bagaimana kabarnya? Kali ini Kakak akan menceritakan sebuah dongeng yang berisi pesan moral. Dongeng ini untuk anak sholeh seperti kalian. Dongeng kisah sipenggembala yang suka berbohong kepada penduduk desa, dan ia pun mendapat hukuman, domba-domba gembalaannya yang habis di terkam oleh serigala. Bagaimana ceritanya Sang Penggembala Dan Serigala, Yuk Baca dongeng anak islami.....
Dongeng Anak Islami Sang Penggembala Dan Serigala
Dongeng Anak Islami Sang Penggembala Dan Serigala
Candaan Sang Sipenggembala Kepada Penduduk Desa

Cerita ini berawal dari seorang pengembala yang sedang menggiring beberapa ekor dombanya menuju padang rumput di dekat sebuah desa. Ketika si penggembala domba sedang duduk santai sambil mengawasi dan menggembala dombanya, terlintas dibenak sipenggembala untuk berbuat sesuatu. Karena jenuh terhadap apa yang penggembala itu kerjakan setiap hari muncul lah ide untuk mempermainkan para penduduk desa.

"Serigala tolong! Tolong Serigala...! Serigala...!" teriak sipenggembala sekeras-kerasnya. Kemudian para penduduk desa yang mendengar pun berhamburan lari dari rumah dengan membawa tongkat untuk menolong si penggembala. Tapi ketika penduduk desa melihat sang penggembala penduduk desa tidak menemukan apa - apa, yang ada hanya penggembala yang sedang mentertawakan para penduduk desa.

Kemudian, singkat cerita, di hari kedua, Sipengembala teringat kembali apa yang dia lakukan kemaren, dan mengulangi kembali perbuatannya. Ia berteriak " Serigala, tolong! Tolong Serigala...! ".Penduduk desa pun kembali berhamburan berlarian ingin menolong sipenggembala. Tapi penduduk desa tidak menemukan apa-apa yang ada hanya sipenggembala yang dengan girangnya ia menertawakan mereka.

Lalu par penduduk desa yang marah mengatakan. "Sekali lagi Kamu melakukan ini menipu Kami, Kami tidak akan menghiraukannya" teriak para penduduk desa dengan geram.

Dihari yang ke tiga, seekor serigala benar - benar datang, sipenggembala pun terlihat ketakutan. Karena ketakutannya terhadap serigala ia pun berteriak - teriak memanggil penduduk desa, " Serigala! Serigala, tolong!"

Domba gembalaannya diterkam serigala, namun tak satu pun penduduk desa datang menolongnya. Karena menyangka penggembala hanya mau membohongi mereka lagi.

Domba-domba para serigala sudah habis diterkam beberapa serigala. Penduduk tidak ada yang menghiraukan panggilan sipengembala.

Akhir Pesan Moral cerita sipenggembala

DariDongeng Anak Islami diatas bisa kita simpulkan bahwasanya apabila kita sudah melakukan kebohongan maka orang yang pernah kita bohongi tidak akan percaya lagi kepada kita, walaupun apa yang kita katakan itu benar kejadiannya tapi mereka tidak akan percaya.

Ibarat pepatah mengatakan "Sekali Lancung ke Ujian, seumur hidup orang tidak percaya".

Nah adik-adik sekalian, jangan pernah sekalipun berbohong walaupun tujua bercanda, karena agama islam melarang hal tersebut apalagi kepada orang tua kita. Dan apabila kita terlanjur segera minta maaf dan tidak mengulanginya kembali.

Sumber : Raja Dongeng 


EmoticonEmoticon